Minggu, Agustus 30, 2009

Kuliah Semester 1 2009-2010

Hari ini, senin, kampus mulai kuliah untuk semester 1 2009-2010. Semester ini dapat tugas ngampu ASP dua kelas, Praktikum Komputer Akuntansi dan Pemrograman Dasar.

Seperti biasa, ASP tetep aja jalan di tempat, ada kemajuan tapi dikit, gak tau mau dibawa kemana ya??? Tak kira bener-bener ahli, eh gak taunya juga cuma segitu-gitu aja.

Selasa, Agustus 18, 2009

Software Latihan Bahasa Inggris

Coba-coba cari software untuk belajar bahasa Inggris, dengan pertolongan Google, ketemu linknya. Download, terus dicoba, wih... bagus juga tampilannya. Ukuran file 15 MB, mudah installnya.

Klik link ini: Latihan Bahasa Inggris

Rabu, Agustus 12, 2009

Diklat untuk Hotel Inna Group

Diklat Auditor Internal untuk staff Internal Auditor Hotel Inna Group telah selesai. Lega, senang, bangga, alhamdulillah.

Maklum, sempat khawatir, karena pesertanya lebih senior dibanding saya dan mereka lebih kenal seluk beluk hotel dibanding saya.

Mudah-mudah bisa berlanjut di tahun depan.

Terimakasih

Kalau mahasiswa/i mengumpulkan tugas ke ruang kita, setelah menaruh tugasnya mereka akan bilang " Terimakasih pak". Saya usahakan untuk membalas Terimakasih Mas/mbak.

Sebetulnya siapa yang harus mengucap terimakasih. Sebagai dosen, kita harus ucap terimakasih kepada para mahasiswa kita. Merekalah customer kita, beri pelayanan sebaik mungkin kepada mereka.

Kalau tidak ada mahasiswa, mau dikemanakan ilmu kita. Maka berterimakasihlah kepada mahasiswa.

Rabu, Agustus 05, 2009

Kunci UAS AKM 2 Sem III 08/09

Bagi yang mau nyocokin kerjaan UAS minggu kemarin dengan jawabanya. Bisa diunduh dari link berikut ini:

Kunci UAS AKM 2 Sem III 08/09

Customer Satisfaction - SMS

Mahasiswa adalah customer kita. Mendekatkan diri kepada customer berarti berusaha untuk memahami kebutuhan customer.

Minggu-minggu menjelang ujian, biasanya sms akan membanjiri hp saya. Utamanya mereka konsultasi. Repotnya kalau pertanyaan kurang jelas atau perlu jawaban yang isinya rumus. Repot - jelas, karena harus ketik di keypad hp. Apalagi hp saya model jadul, yang baterainya pun sering ngedrop.

Tapi saya senang dengan model konsultasi seperti ini, rasanya hp menjadi demikian bermanfaat.
Dosen yang berusaha dekat dengan mahasiswa rasanya adalah dosen calon penghuni sorga. Mereka tulus, ihklas ingin memberikan ilmu kepada mahasiswa, meski dengan segala kerepotannya.

Dosen & Kesabaran

Jadilah dosen yang penuh dengan sifat sabar.
Pernah suatu kali ketika kelas berlangsung. Sebagian mahasiswa yang duduk di belakang tidak mencata apa yang saya sampaikan. Suatu hal yang penting, rumus sederhana yang telah saya sampaikan dibiarkan berlalu begitu saja oleh mereka. Tipikal mahasiswa yang kurang pandai dalah hal catat-mencatat (take note) umumnya berbanding lurus dengan kegagalan ujian. Oleh karenanya, saya wanti-wanti kepada mereka supaya cerdik dalam mengikut kuliah di kelas.

Dengan sedikit geram, saya datangi satu persatu, saya periksa mereka mencatat atau tidak. Seorang mahasiswa, tampak tidak mencatat sama sekali. Seketika hampir saja kemarahan memuncak.

Walhasil, ternyata dia tidak mencatat karena kaca mata ketinggalan. Tulisan di papan dan tampilan layar tidak ada artinya tatkala kacamata ketinggalan.

Suit.... alhamdulillah, setelah tahu alasannya, kemarahan bisa saya rem sebelum melesat menjadi kata-kata yang mungkin akan menusuk hati mahasiswa. Gak jadi marah.

Jadilah dosen yang sabar. Kesabaran kita di kelas, akan dinilai dan dicontoh oleh mahasiswa.

Senin, Agustus 03, 2009

Kunci Tugas Rumah Praktikum Audit

Ujian praktikum auditing biasanya soal kembali, jadi mahasiswa tidak punya bahan latihan dari contoh soal-soal tahun lalu.

Untuk belajar, saya berikan latihan rumah dan dikumpulkan sebelum ujian. Ide utamanya agar mereka belajar. Kalau ada yang mau cocokin jawaban ini kuncinya

Kunci Tugas Praktikum Audit