Rabu, Agustus 05, 2009

Dosen & Kesabaran

Jadilah dosen yang penuh dengan sifat sabar.
Pernah suatu kali ketika kelas berlangsung. Sebagian mahasiswa yang duduk di belakang tidak mencata apa yang saya sampaikan. Suatu hal yang penting, rumus sederhana yang telah saya sampaikan dibiarkan berlalu begitu saja oleh mereka. Tipikal mahasiswa yang kurang pandai dalah hal catat-mencatat (take note) umumnya berbanding lurus dengan kegagalan ujian. Oleh karenanya, saya wanti-wanti kepada mereka supaya cerdik dalam mengikut kuliah di kelas.

Dengan sedikit geram, saya datangi satu persatu, saya periksa mereka mencatat atau tidak. Seorang mahasiswa, tampak tidak mencatat sama sekali. Seketika hampir saja kemarahan memuncak.

Walhasil, ternyata dia tidak mencatat karena kaca mata ketinggalan. Tulisan di papan dan tampilan layar tidak ada artinya tatkala kacamata ketinggalan.

Suit.... alhamdulillah, setelah tahu alasannya, kemarahan bisa saya rem sebelum melesat menjadi kata-kata yang mungkin akan menusuk hati mahasiswa. Gak jadi marah.

Jadilah dosen yang sabar. Kesabaran kita di kelas, akan dinilai dan dicontoh oleh mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar